Selasa, 10 Desember 2013

Jalur Karir,Kerangka Perencanaan dan Pengembangan Karir


Bimbingan dan Informasi Karier
Menurut Hariandja (2005) Bimbingan karier adalah upaya untuk menentukan jalur karier yang paling tepat bagi seseorang, yang dilakukan melalui penyadaran akan minat dan kemampuan untuk memilih jalur karier yang paling tepat, yang dapat dilakukan melalui tes-tes bakat yang dikaitkan dengan kemungkinan jalur karier yang paling efektif. Pembimbing karier mendorong seseorang untuk menilai diri sendiri dan menilai lingkungan, yaitu faktor-faktor yang dapat menghambat usaha pencapaian karier untuk dipertimbangkan oleh pegawai.

Informasi karier adalah informasi yang dibutuhkan seperti uraian jabatan ( job description), persyaratan jabatan ( job specification ) , dan standar untuk kerja (performance standard), sehingga meraka dapat merumuskan rencana karier yang masuk akal bagi mereka melalui jalur karier yang ada di perusahaan yang dapat paling tepat untuk ditempuh, jenis-jenis pekerjaan yang memiliki dasar keahlian yang sama, dan langkah-langkah untuk dapat menaikinya atau mendudukinya.

Pola dan Jalur Karir
Pola dan jalur karir yang harus dirancang oleh perusahaan terdiri atas dua jenis, yakni pola dan jalur karir jabatan serta pola dan jalur karir karyawan. Pola dan jalur karir jabatan lebih bersifat perencanaan, sedangkan pola dan jalur karir karyawan sudah merupakan tindakan menempatkan karyawan yang tepat pada posisi yang tepat (the right man in the right place). Pola karir adalah urutan karir berdasarkan bidang serumpun yang harus dilalui oleh seseorang karyawan. (Noor Fuad & Gofur Ahmad,2009)

Kerangka Perencanaan dan Pengembangan Karir

Catatan :
·         Jalur Karier (career path) : Pola pekerjaan berurutan yang membentuk karier seseorang.
·         Sasaran Karier (career goals) : Posisi di waktu yang akan datang dimana seseorang“berjuang” untuk mencapainya sebagai bagian dari kariernya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Redesign by Syar'ie