Senin, 28 November 2011

Visi dan Misi + Analisa visi misi Perusahaan Komputer [ 2011]

Menurut Lawrence R. jauch , Wiliam F. Glueck visi adalah pernyataan tentang apa yang organisasi Anda ingin menjadi. Ini harus beresonansi dengan semua anggota organisasi dan membantu mereka merasa bangga, bersemangat, termotivasi, dan bagian dari sesuatu yang jauh lebih besar daripada diri mereka sendiri. Jadi Visi adalah gambaran atau impian kelak perusahaan atau organisasi tempat kita bernaung hendak menuju kemana dan seperti apa.

Secara keseluruhan misi mengandung makna pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh organisasi dalam usahanya mewujudkan Visi serta tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada.

Visi misi organisasi menjawab beberapa pertanyaan penting seperti: mengapa organisasi tersebut ada ? Siapa yang memerlukan organisasi ini ? Apa yang bisa diberikan organisasi kepada stakeholder ? Apa yang membuat organisasi ini berbeda dengan organisasi yang sejenis ? Pernyataan visi misi organisasi haruslah jelas, tidak terlalu abstrak serta mudah di mengerti. Visi misi menjelaskan role organisasi. Pernyataan visi misi organisasi harus luas untuk perkembangan dan pertumbuhan organisasi namun cukup untuk membuat jalannya organisasi tetap fokus dan terkendali

Rumusan visi dan misi antara lain:
1.    Faktor pertama yang mempengaruhi perumusan tujuan adalah kekuatan dalam lingkungan seperti yang telah dibahas , pemegang saham (stockholder) dengan sisapa organisasi mempunyai hubungan timbale balik akan mengajukan permintaan atau tuntutan . hal ini dapat dianggap sebagai kendala terhadap tujuan
2.    Faktor yang kedua  yang mempengaruhi perumusan misi dan tujuan ialah kenyataan sumber daya perusahaan  dan hubungan kekuasaan intern.
3.    Faktor intern yang terakhir adalah kekuatan potensial dari peserta level bawah untuk menahan informasi atau gagasan.
4.    Sistem penilaian dari eksekutif puncak, perusahaan yang mempunyai sistem nilai atau ideology yang kuat akan  menarik dan membuat betah manajer yang mempunyai penilaian yang sama.
5.    Kesadaran manajemen tentang keputusan masa lampau dan perkembangan perusahaan

Visi dan misi dapat berubah karena beberapa alasan berikut :
1.    Tingkat aspirasi dapat mengubah orintasi tujuan.3
2.    Misi dapat berubah dalam keadaan krisis
3.    Permintaan dari kelompok koalisi yang membentuk perusahaan dapat berubah.
4.    Perubahan daur-hidup

Karakteristik misi yang baik:
















Penyataan misi dapat bervariasi bentuk, panjang, isi dan spesifikasinya. Pada umumnya terdapat delapan karakteristik penting ysng dapat dipakai sebagai pertimbangan dalam penyusunan misi perusahaan. Suatu misi yang baik adalah yang dapat menjawab salah satu atau lebih karakteristik berikut ini:

1.    Pelanggan.
Siapakah nasabah perusahaan?.

-Kami percaya bahwa tanggung jawab yang paling utama adalah kepada dokter, perawat bahkan pasien, kepada para ibu dan yang lainnya yang menggunakan jasa dan produk kami. (Jhonson & Johnson)

2.    Produk dan jasa.
Produk utama apakah yang di jual?.

-Menjadi jaringan rumah makan terkemuka di dunia dengan cara memuaskan permintaan pelanggan akan kualitas, pelayanan yang cepat pada setiap acara makan dengan menu ayam yang dominan (Kentucky Fried Chicken)

3.    Pasar.

Dimana perusahaan bersaing?.

-Akan membuat sebuah perbedaan: produk-produk kami, pelayanan dan keramahan akan menolong orang di seluruh dunia untuk mempertajam cara-cara bisnis dan pendidikan yang dijalankan dalam abad ke 21 (Apple Computer)

4.    Teknologi.

Teknologi dasar apa yang di gunakan?.

-Usaha HP dipusatkan pada pengembangan produk berkualitas tinggi yang akan memberikan kontribusi teknologi unik dan sedemikian inovatifnya sehingga konsumen bersedia membayar tinggi (Hew-Left-Packard)

5.    Komitmen terhadap pertumbuhan, keuntungan atau stabilitas.

Komitmen  apa yang di anut untuk pencapaian tujuan perusahaan.

-Melayani kebutuhan seluruh dunia akan pengetahuan,  guna mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, menghasilkan dan mendistibusikan informasi-informasi berharga dengan suatu cara yang menguntungkan konsumen, karyawan, penulis, investor dan masyarakat kami. (Penerbit McGraw-Hill)

6.    Konsep Perusahaan.

Apa yang menjadi kekuatan dan keunggulan perusahaan.

-Memberikan kualitas sebagai ekspresi sosial (Halmark)

7.    Komitmen terhadap image masyarakat.

Apa yang menjadi persepsi masyarakat terhadap perusahaan?

-Kami bertanggung jawab kepada masyarakat dimana kami bertempat tinggal dan bekerja dan juga kepada masyarakat dunia (Jhonson & Jhonson)

8.    Komitmen terhadap karyawan.

Bagaimana perlakuan perusahaan terhadap karyawannya.

-Menghargai karyawannya dengan gaji dan keuntungan-keuntungan yang kompetitif di bandingkan dengan kesempatan kerja di daerah sekitarnya serta memberikan balas jasa atau kontribusi mereka kepada efisiensi operasional perusahaaan (Public Service Electric and Gas Company)

 Dalam penyusunannya, misi suatu perusahaan dibentuk atau di pengaruhi oleh beberapa elemen, yang harus di pertimbangkan oleh pembuat strategi agar misi tersebut dapat benar-benar mencerminkan apa yang ingin di lakukan oleh perusahan. Elemen-elemen tersebut berupa:

a.    Sejarah masa lalu perusahaan

b.    Keinginan dari pemilik atau manajemen  puncak

c.    Perubahan lingkungan industry

d.    Keterbatasan sumber daya (tenaga kerja, modal, ketrampilan, dst)

e.    Keunggulan inti yang dimiliki agar dapat bersaing


9.    Filosofi
 yaitu nilai-nilai perusahaan


 

Analisis Visi dan Misi Perusahaan Komputer [ 2011]


ASUS

Visi Perusahaan :
ASUS secara konstan berupaya untuk menjadi penyedia solusi 3K terintegrasi (Komputer, Komunikasi, produk elektronik Konsumen) yang memberikan inovasi – inovasi yang menyederhanakan kehidupan konsumen kami dan memungkinkan mereka untuk menyadari potensi mereka yang sesungguhnya. Produk ASUS menggambarkan yang terbaik yang dapat diberikan oleh teknologi, memberikan performa dan estetika menawan yang mengakomodasi dengan sempurna seluruh gaya hidup, kapanpun, di manapun.
Misi dan Filosofi :
Sebagai pemain utama dalam industri TI, misi perusahaan ASUS ialah untuk memberikan solusi TI inovatif yang memberdayakan orang dan bisnis untuk mencapai potensi penuh mereka. Filosofi ASUS di balik pengembangan produk—yakni untuk mencapai yang terbaik dalam hal mendasar sebelum berpacu ke depan—telah menghasilkan kekuatan yang kokoh pada komponen – komponen komputer seperti motherboard, kartu grafis, dan perangkat storage optik.
Untuk Mencapai Misi Kami :

Semangat untuk Teknologi
Teknologi adalah jantung dari ASUS. Kami terus berinvestasi dalam kelas dunia kita Penelitian dan Pengembangan sehingga kami selalu mampu memberikan inovasi terdepan untuk orang dan bisnis.

kualitas
Kualitas adalah yang paling penting bagi ASUS. Kami terus menyempurnakan proses manajemen mutu kami untuk memastikan pelanggan menerima kualitas biaya solusi secara efektif.

Hubungan jangka panjang
Hubungan dengan para stakeholder kunci adalah salah satu faktor yang paling penting dari kesuksesan kami yang berkelanjutan.

ketekunan
Semua karyawan ASUS berbagi tujuan yang sama. Kami berkembang di bawah tekanan dan kami berharap untuk tantangan. Dan semua dari kita bekerja untuk mencapai misi yang sama, untuk memberdayakan masyarakat dengan solusi TI inovatif

HP (Hewlett-Packard)

VISI :
Di HP, kita percaya bahwa keragaman adalah kunci utama kesuksesan kami. Menempatkan semua perbedaan kita untuk bekerja di seluruh dunia adalah sebuah perjalanan terus menerus didorong oleh kepemimpinan pribadi dari setiap orang di perusahaan kami. Aspirasi kami adalah bahwa perilaku dan tindakan yang mendukung keragaman dan inklusi akan datang dari keyakinan setiap karyawan HP - membuat keberagaman bagian sadar bagaimana kita menjalankan bisnis kita di seluruh dunia.

Hewlett-Packard’s Mission Statement:
Customer loyalty
Untuk menyediakan produk-produk, layanan dan solusi dari kualitas tertinggi dan memberikan nilai lebih kepada pelanggan untuk meningkatkan rasa hormat mereka dan kesetiaan mereka.
Profit
Untuk mencapai keuntungan yang cukup untuk membiayai pertumbuhan perusahaan kami, menciptakan nilai bagi pemegang saham kami dan menyediakan sumber daya yang kita butuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan kami yang lain.

Market leadership
Untuk tumbuh dengan terus memberikan produk bermanmanfaat dan signifikan. layanan dan solusi untuk pasar kita sudah melayani-dan untuk memperluas ke daerah-daerah baru yang membangun pada kami, kompetensi teknologi dan kepentingan pelanggan.

Growth
Untuk melihat perubahan dalam pasar sebagai sebuah kesempatan untuk tumbuh, untuk menggunakan keuntungan kami dan kemampuan kami untuk mengembangkan dan menghasilkan produk yang inovatif, layanan dan solusi yang memenuhi kebutuhan pelanggan yang .
Employee commitment
Untuk membantu HP berbagi karyawan dalam keberhasilan perusahaan bahwa mereka memungkinkan, untuk memberikan orang dengan kesempatan kerja berdasarkan kinerja; untuk membuat dengan mereka lingkungan kerja yang aman, menarik dan inklusif yang nilai-nilai keragaman dan mengakui kontribusi individu, dan untuk membantu mereka mendapatkan rasa kepuasan dan prestasi dari pekerjaan mereka.

Leadership capability
Untuk mengembangkan pemimpin di setiap tingkat yang bertanggung jawab untuk mencapai hasil bisnis dan mencontohkan nilai-nilai kita.

Global citizenship
Kewarganegaraan yang baik adalah bisnis yang baik. Kita hidup sampai tanggung jawab kami kepada masyarakat dengan menjadi sebuah aset ekonomi, intelektual dan sosial untuk setiap negara dan komunitas dimana kami melakukan bisnis.

Our Shared Values
Passion for customers
We put our customers first in everything we do.


Trust and respect for individuals
We work together to create a culture of inclusion built on trust, respect and dignity for all.


Achievement and contribution
We strive for excellence in all we do; each person's contribution is critical to our success.


Results through teamwork
We effectively collaborate, always looking for more efficient ways to serve our customers.


Speed and agility
We are resourceful and adaptable, and we achieve results faster than our competitors.


Meaningful innovation
We are the technology company that invents the useful and the significant.


Uncompromising integrity
We are open, honest and direct in our dealing




APPLE

Vision Slatement:

Apel memicu revolusi komputer pribadi pada 1970-an dengan
Apple II dan menciptakan ulang komputer pribadi di 19805 dengan
Macintosh. Apple berkomitmen untuk membawa komputasi pribadi yang terbaik
pengalaman kepada siswa, pendidik, profesional kreatif, dan konsumen
seluruh dunia melalui perangkat keras yang inovatif, perangkat lunak, dan Internet
penawaran.


Mission Statement:


Apple Computer berkomitmen untuk melindungi lingkungan, kesehatan dan
keselamatan karyawan, pelanggan dan masyarakat global 'di mana kita
beroperasi. Kami menyadari bahwa dengan mengintegrasikan suara lingkungan, kesehatan
dan praktek manajemen keselamatan ke dalam semua aspek bisnis kita, kita dapat
menawarkan produk-produk teknologi yang inovatif dan layanan sekaligus melestarikan
dan meningkatkan sumber daya untuk generasi mendatang. Apel berusaha untuk
perbaikan terus menerus OUf lingkungan, kesehatan dan keselamatan
sistem manajemen dan kualitas lingkungan dari produk kami,
proses dan jasa.







MICROSOFT
 
Visi :

Sebuah komputer pribadi di setiap rumah menjalankan perangkat lunak Microsoft

Microsoft's mission:

Untuk mengaktifkan orang dan bisnis di seluruh dunia untuk menyadari potensi penuh mereka.


Delivering on Our Mission
The tenets central to accomplishing our mission stem from our core company values:


Broad Customer Connection


Menghubungkan dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka dan bagaimana mereka menggunakan teknologi, dan memberikan nilai melalui informasi dan dukungan untuk membantu mereka merealisasikan potensi mereka.


A Global, Inclusive Approach


Berpikir dan bertindak secara global, memungkinkan tenaga kerja yang beragam yang menghasilkan pengambilan keputusan yang inovatif untuk spektrum yang luas dari pelanggan dan mitra, berinovasi untuk menurunkan biaya teknologi, dan menunjukkan kepemimpinan dalam mendukung masyarakat di mana kita bekerja dan hidup.


Excellence


Dalam segala hal kita lakukan.


Trustworthy Computing


Memperdalam kepercayaan pelanggan melalui kualitas produk dan layanan kami, respon kita dan akuntabilitas, dan prediktabilitas kami dalam segala yang kami lakukan.


Great People with Great Values


Menyampaikan misi kita membutuhkan orang-orang hebat yang cerah, kreatif, dan energik, dan yang berbagi nilai-nilai berikut:

Integritas dan kejujuran.
Gairah bagi pelanggan, mitra, dan teknologi.
Terbuka dan hormat dengan orang lain dan didedikasikan untuk membuat mereka lebih baik.
Kesediaan untuk menghadapi tantangan besar dan melihat mereka melalui.
Self-kritis, mempertanyakan, dan berkomitmen untuk keunggulan pribadi dan perbaikan diri.
Bertanggung jawab atas komitmen, hasil, dan kualitas kepada pelanggan, pemegang saham, mitra, dan karyawan.


Innovative and Responsible Platform Leadership


Memperluas inovasi platform, manfaat, dan kesempatan bagi pelanggan dan mitra; keterbukaan dalam mendiskusikan arah masa depan kita, mendapatkan umpan balik, dan bekerja dengan orang lain untuk memastikan bahwa produk dan platform kami bekerja sama dengan baik.
Enabling People to Do New Things


Memperluas pilihan untuk pelanggan dengan mengidentifikasi daerah-daerah baru bisnis; inkubasi produk baru; mengintegrasikan skenario pelanggan baru ke bisnis yang ada; menjajaki akuisisi bakat kunci dan pengalaman, dan mengintegrasikan lebih mendalam dengan mitra baru dan yang sudah ada.

Di Microsoft, kami berkomitmen untuk misi kami untuk membantu pelanggan skala kita ketinggian baru dan mencapai tujuan mereka tidak pernah berpikir mungkin.


ACER
Visi:
Acer berupaya untuk menjadi pemenang dalam ekonomi yang berbasis pengetahuan melalui inovasi bisnis dan pemasaran produk IT dan pelayanan.
Misi:
Adapun misi dari acer adalah untuk memecahkan hambatan hambatan manusia dalam dalam beraktifitas tentunya dengan bantuan teknologi.Komitmen kami untuk mengembangkan teknologi yang mudah digunakan, produk yang bisa diandalkan yang memenuhi kebutuhan pelanggan kami telah mengarah pada penciptaan kami yang unik Pemberdayaan Teknologi, yang dirancang untuk memastikan bahwa pelanggan kami menerima manfaat penuh dari masing-masing dan setiap terobosan teknologi. Pemberdayaan melalui perangkat keras, perangkat lunak dan layanan – itulah janji merek Acer.



Organization
Components
ASUS
HP
APPLE
Microsoft
Acer
Customers
Yes
Yes
Yes
Yes
Yes
Products or services
Yes
Yes
Yes
Yes
Yes
markets
No
Yes
No
No
No
Concern for survival, growth, profitability
No
Yes
Yes
Yes
No
Technology
Yes
No
Yes
Yes
Yes
philoshopy
Yes
Yes
No
Yes
No
Self – concept
Yes
Yes
Yes
Yes
No
Concern for public image
No
Yes
Yes
No
No
Concern for employees
Yes
yes
yes
Yes
No











by: C.Pratanto by: C.Pratanto

2 komentar:

RIDHWAN ONLINE mengatakan...

Beermanfaat sekali ini, terimakasih..

Unknown mengatakan...

bermanfaat banget infonya, makasih banyak gan. yuk kunjungi juga blog saya http://countingstars3912.blogspot.com

Posting Komentar

 
Redesign by Syar'ie