Senin, 08 Oktober 2012

Organization transformation, birth, growth, declines and death




Siklus kehidupan organisasi adalah urutan tahap pertumbuhan dan perkembangan di mana organisasi dapat lewat.

Empat utama tahap siklus kehidupan organisasi:
1. Lahir
2. Pertumbuhan
3. Penurunan
4. Kematian

Lahirnya organisasi  = Organisasi yang lahir ketika pengusaha mengenali dan memanfaatkan kesempatan untuk menggunakan keterampilan dan kompetensi untuk memanfaatkan sumber daya untuk menciptakan nilai.

Ini adalah tahap yang membahayakan dari siklus hidup karena:
1. Tidak memiliki struktur yang formal
2. Pengalaman organisasi baru cenderung baru
3. Tidak ada cara untk memprediksi atau menjamin kesuksesan
4. Lingkungan mungkin memusuhi organisasi baru

Model ekologi populasi organisasi baru (A Population Ecology Model of Organizational Birth)
Teori ini berusaha untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat di mana organisasi baru lahir (dan mati) dalam populasi organisasi yang sudah ada.

Jumlah kelahiran
1. Kepadatan penduduk
2. First mover advantages

Strategi bertahan hidup :
1. Strategi R Vs strategi K
2. Strategi spesialis Vs strategi generalis
3. Proses seleksi alam

Teori kelembagaan pertumbuhan organisasi :
Teori ini mempelajari bagaimana orgzs dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk tumbuh dan bertahan hidup dalam lingkungan yang kompetitif

Isomorfisma organisasi :
1. Isomorfisma koersif
2. Isomorfisma mimesis
3. Isomorfisma Normatif
4. Isomorfisma Kelemahan

Model pertumbuhan organisasi menurut greiner :

Tahap 1: Pertumbuhan melalui kreativitas

Pengusaha mengembangkan keterampilan & kemampuan untuk menciptakan dan memperkenalkan produk-produk baru untuk pasar baru.Masalah yang mungkin muncul adalah krisis kepemimpinan


Tahap 2: Pertumbuhan melalui arahan
Tim manajemen baru atas bertanggung jawab untuk mengarahkan strategi perusahaan, dan manajer tingkat yang lebih rendah memikul tanggung jawab fungsional utama. Masalah yang mungkin muncul adalah krisis otonomi.

Tahap 3: Pertumbuhan melalui delegasi
Hal ini memungkinkan organisasi untuk mencapai keseimbangan antara manajer yang berpengalaman merekrut untuk meningkatkan kinerja dan kebutuhan untuk menyediakan ruang untuk berwirausaha sehingga orgz dapat berinovasi dan menemukan cara baru untuk mengurangi biaya atau meningkatkan produknya. Masalah yang mungkin muncul adalah krisis control.

Tahap 4: Pertumbuhan melalui koordinasi
Sebuah orgnz harus menemukan keseimbangan yang tepat antara kontrol terpusat dari atas kontrol orgz dan desentralisasi di tingkat fungsional atau divisi. Masalah yang mungkin muncul adalah krisis birokrasi.

Tahap 5: Pertumbuhan melalui kolaborasi

Ini menekankan "spontanitas yang lebih besar dalam aksi manajemen melalui tim dan konfrontasi perbedaan antarpribadi yang terampil. Kontrol sosial dan disiplin diri mengambil alih dari kontrol formal.

Penurunan organisasi dan kematian :
1. Efektivitas dan profitabilitas
2. Kelambanan organisasi
3. Menghindari resiko
4. Keinginan untuk memaksimalkan penghargaan
5. Budaya yang terlalu birokrasi
6. Perubahan lingkungan

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Kebetulan sekali ada tulisan ini, apalagi ilustrasi-nya kemudian mengembangkan gagasan baru. Terima kasih. Saya memang sedang mencoba mengumpulkan pengalaman-pengalaman yang saya peroleh untuk kemudian aku coba hubung-hubungkan dengan apa yang saya lihat saat ini, dan semakin lama semakin yakin aku bahwa saya saat ini hanya melakukan dengan bekal yang terbatas.
Dulu aku pernah mendapatkan orientasi dari Pak Her Suselo (sekarang sudah almarhum), tentang siklus ini untuk organisasi. Ilustrasinya sama persis dengan kehidupan perkawinan, yang aku ingat diskusi alur ini dihubungkan dengan perkawinan itu kalau tidak salah diskusi di Biak. Kebetulan kemarin kok aku mendapat cerita tentang kawanku yang kongsinya bubar...naaah...ternyata memang siklus ini bisa digunakan untuk memahami bagaimana pecahnya kongsi tersebut...terima kasih atas tulisan yang memancing ini. sekaligus mohon ijin gambarnya untuk saya kutip pada penulisan tentang siklus organissasi juga

Jasa Sedot Wc mengatakan...

berorganisasi emang perlu,tp saya bingung berorganisasi macam apa yang pantas buat saya.trims ya.Ahli Wc Jakarta Murah

Posting Komentar

 
Redesign by Syar'ie